Selasa, 27 Mei 2008


LAPORAN DIKLAT KURIKULUM BERBASIS ONLINE (CURRIKI)

DI JAKARTA

Pendahuluan

Saat ini aktivitas berbasis online pesat berkembang guna memudahkan melakukan jejaring dengan pihak lain, melakukan bench mark melalui penelusuran web site, juga aktivitas pembelajaran. Pengembangan kurikulum berbasis online dilakukan guna melakukan jejaring kurikulum dalam mata pelajaran sejenis bahkan sampai pada pembelajaran jarak jauh dengan cara online. Lembaga Diklat dan penjamin mutu pendidikan pada Direktorat Lembaga Diklat tersebar di hampir seluruh Indonesia. Hal ini memungkinkan kurikulum online dikembangkan menjadi salah satu alternative dalam mengembangkan kualitas pendidikan pada lembaga-lembaga tersebut.

Dalam mengembangkan kurikulum online, diperlukan pengembangan yang memiliki kemampuan selain kurikulum juga kemampuan dalam bidang informasi dan teknologi. Kedua kemampuan tersebut akan bersinergi menjadi kemampuan mengembangkan kurikulum berbasis online.

Untuk itu Direktorat Pembinaan Diklat merasa perlu untuk melaksanakan pelatihan kurikulum berbasis online bagi para pengembang kurikulum yang selanjutnya disosialisasikan pada setiap pengajar di masing-masing lembaga diklat dan penjamin mutu pendidikan di seluruh Indonesia.

Tujuan Diklat

Tujuan yang hendak dicapai melalui kegiatan diklat ini adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan kemampuan Menganalisis kurikulum yang dikembangkan oleh lembaga atau sekolah lain baik didalam maupun di luar negeri

2. Meningkatkan kemampuan menjabarkan standar isi ke dalam Indikator-indikator sesuai dengan kondisi daerah dan lembaga masing-masing.

3. Meningkatkan kemampuan mengoperasikan perangkat online baik piranti keras maupun piranti lunak.

4. Memberikan Keterampilan untuk mengkonversi data kurikulum ke dalam piranti lunak sehingga menjadi kurikulum berbasis online.

5. Meningkatkan Kemampuan untuk mengembangkan kurikulum berbasis online.

Pelaksanaan

Waktu

Diklat Kurikulum Berbasis Online (Curriki) dilaksanakan selama 2 (dua) hari mulai Tgl. 15 s.d. 16 Mei 2008

Tempat

Diklat Kurikulum Berbasis Online (Curriki) Lembaga Diklat dan penjamin mutu pendidikan diselenggarakan di hotel Maharaja Jln. Piere Tendean No 1, Jakarta

Media dan Sumber Belajar

Media yang digunakan dalam diklat ini adalah computer/laptop, LCD projector, ATK, spidol, dan seperangkat sarana online.

Sumber belajar yang digunakan antara lain perangkat sarana prasarana sebagai tempat praktik, dan beberapa panduan pengembangan kurikulum berbasis online.

Materi Diklat

Materi yang disajikan pada diklat terdiri dari materi umum dan materi pokok. Materi umum terdiri atas pemahaman tentang kebijakan dan program Subdit Pengembangan Sarana Direktorat Pembinaan Diklat Ditjen PMPTK. Materi pokok yang disajikan terdiri dari : (1) analisis kurikulum, (2) menjabarkan standar isi ke dalam indicator, (3) mengoperasikan piranti lunak dan piranti keras, (4) konversi data kurikulum, dan (5) mengembangkan kurikulum berbasis online.

Metode

Metode diskusi, simulasi, kerja kelompok, kerja mandiri dan praktik. Diskusi dilakukan untuk menjaring kemampuan awal dan pengalaman, juga untuk memberikan peluang kepada peserta untuk saling berbagi pendapat dan opini tentang kurikulum berbasis online.

Simulasi diberikan sebagai modeling untuk memperagakan beberapa kemampuan berkaitan dengan seluruh materi dan praktik yang dibahas mulai dari analisis kurikulum, menjabarkan standar isi kedalam indikator, mengoperasikan piranti lunak dan piranti keras, konversi data kurikulum, dan mengembangkan kurikulum berbasis online.

Kerja kelompok dilakukan untuk menyelesaikan tugas-tugas dan praktik agar ada saling pembelajaran di antara peserta. Kerja mandiri dilakukan guna menyelesaikan tugas yang berkaitan kurikulum berbasis online.

Skenario

Kegiatan diklat ini dilakukan dengan scenario sebagai berikut :

1. Kegiatan pembukaan dilaksanakan dalam waktu dan tempat yang sama untuk semua peserta diklat.

2. Materi umum program dan materi pokok diklat dilaksanakan pada ruang yang sama

3. Materi penunjang progam diklat (praktik lapangan) dilaksanakan untuk peserta dengan objek yang sesuai dengan program diklat.

4. Proses pembelajaran diklat dilakukan dengan presentasi, tanya jawab, diskusi, dan kerja kelompok peserta.

5. Evaluasi proses dan hasil belajar peserta diklat dilakukan pada hari terakhir sebelum penutupan.

Cianjur 19 Mei 2008

Yang melaksanakan Tugas

Ir. NR. Dewi Sopiah A, MT

NIP. 132014434

Tidak ada komentar: